Rabu, 05 Agustus 2020

Berbeda Untuk Saling Melengkapi

Anak-anak yang terkasih, hari ini kita akan belajar tentang "Berbeda Untuk Saling Melengkapi". 

1. Membaca Kita Suci Kejadian 1:27-28 dan Kejadian 2:18-24
- Kejadian 1:27-28

1:27Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

1:28Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

-Kejadian 2:18-24

Kej 2:18TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Kej 2:19Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kej 2:20Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Kej 2:21Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.

Kej 2:22Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Kej 2:23Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Kej 2:24Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.


Peneguhan (Bisa dicatat atau di copy paste lalu di print, atau link nya dijadikan arsip supaya bisa dibaca dikemudian hari)

1. Allah menciptakan laki-laki dan perempuan agar mereka dapat beranak cucu dan menguasai bumi, ketika adam menamai berbagai binatang dan tumbuhan, ia tidak menemukan ciptaan yang sepadan dengan dirinya. Berhubungan dengan hal itu Tuhan bersabda : Tidak baik kalau manusia seorang diri saja, aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia. Lalu Allah menciptakan perempuan.

2. Laki-laki dan perempuan memiliki ciri ciri fisik yang khas  dan berbeda satu sama lain. Perempuan memiliki indung telur, sel telur dan rahim. Laki-laki memiliki testis, sperma dan zakar. Ciri-ciri fisik berperan saling melengkapi untuk mendapat keturunan. Peran yang berkaitan dengan ciri-ciri fisik khas laki-laki dan perempuan tidak dapat dipilih peran ini harus diterima dan dijalani dengan penuh syukur. Laki - laki tidak bisa memilih peran mengandung dan perempuan tidak bisa memproduksi sel sperma.

3. Sebagai tanda syukur laki-laki dan perempuan perlu merawat kekhasan fisiknya dengan baik. Laki-laki dan perempuan perlu menjaga kesehatan tubuhnya. Jadi laki-laki dan perempuan memiliki arti khusus dalam hal beranak cucuatau mendapatkan keturunan . Laki-laki dan perempuan saling melengkapi . Perbedaan laki laki dan perempuan tidak dapat dijadikan dasar untuk peran lain selain beranak cucu. Untuk peran lain selain beranak cucu, laki-laki dan perempuan sepadan dan sederajat.


3. Latihan agama

Latihan agama dapat dikerjakan di buku latihan lalu difoto dan dikirimkan ke email:Kornelius.ivan@sdxaverius3bdl.org

Latihan agama (Sebelum mengerjakan baca ayat Kitab Suci diatas dan peneguhannya)

1. Apakah tujuan Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan?

2. Sebutkan 2 ciri fisik laki - laki dan perempuan !


Selamat Belajar Tuhan Memberkati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar